Tuesday 7 October 2014

MATI LAMPU AHHH.... mati lampu adalah sebutan matinya listrik di Kota Medan yg sekejap saja menjadi fenomenal dan famous dikalangan masyarakat Sumatera Utara dan Aceh.

"Ah mati listrik,batrai lowbet lagi,panas,gelap,banyak nyamuk,air di bak mandi kosong " teriakan lantang ini sering terdengar di daerah Medan dan sekitarnya selama beberapa bulan belakangan ini.

Fenomenal mati nya listrik di Medan ini mengalahkan beberapa fenomenal lainnya yg ada di Indonesia, kaya fenomenal Farhat Abbas yg berantam dengan Al-Ghazali karena farhat abbas merasa Al-Ghazali gk pantas jadi DJ,atau fenomenal Ayu tinting yg cerai akibat menemukan alamat palsu suaminya,atau yg lebih dahsyat lagi fenomenal teriakan Arya Wiguna "Demi Tuhan" yg membuat rambut eyang subur mendadak menjadi rontok.

Setiap pagi hari kita bisa mendengar teriakan kesel seorang mamak-mamak yg ada di Medan karena tiba-tiba listrik mati yang berefek nasi gak masak,cucian gk dicuci dan kehilangan kesempatan untuk nonton gosip yg lagi hot di infotaiment.

3 kali sehari...

Kefenomenalan mati listrik di kota medan ini mengalahkan resep dokter yg dianjurkan untuk minum obat 3 kali sehari ketika kita sakit.

Banyak yang kesel kenapa pemadaman listrik dimedan ini gak menemukan titik terang kapan harus berakhir.
PDKT aja ada endingnya loh,kapan saatnya kita nembak doi dan mencurahkan segala isi hati supaya hubungan ini jelas dan menemukan status yang pas,berteman kah ? jadi abang adek kah atau resmi berpacaran ,nah mati listrik ini?? belum tau kapan kejelasannya.
Apakah fenomenal "Mati listrik" di Medan ini ujung-ujungnya "Happy ending" atau ujung-ujungnya menyakitkan. Hanya tuhan yang tau ...

Banyak mamak-mamak yg ngoceh kalau peralatan elektroniknya rusak berantakan luluh lantah akibat korslet karena pemadaman listrik yg bisa 3 kali sehari di medan ini .
Adalah yang magicjer nya kebakar,kulkasnya meledak ,tipi nya gak bisa hidup lagi atau yg lebih parah lagi dia lupa nge cas handphone karena belum update status di facebook.

Belum lagi kita mendengar keluhan orang yang punya usaha-usaha kecil menengah ke bawah di medan ini,yg sering nangis karena pemadaman listrik,pengeluaran makin bertambah,kepaksa beli genset dan ngisi minyak 4liter sehari bahkan lebih.

Terlebih lagi anak muda yg punya kegiatan seharian penuh di dunia maya,kadang sering kesal juga liat tingkah pemadaman listrik bergiliran ini,gimana gak kesel gitu bangun tidur menerima kenyataan bahwa hp nya lowbet ,mau nge cas ?? eh listrik mati,listrik nya hidup ? eh hp nya kebakar.
Banyak orang yang buru-buru datangin rumah temannya yg gk dapat giliran mati lampu,hanya cuma sekedar nge cash doang.

"Rumah kamu mati lampu gak ?? aku kesana yah numpang ngecas"
"Pinjam power bank lah, lampu dirumah mati"
Kata-kata ini sontak menjadi trend dikalangan anak muda di medan beberapa bulan ini.
Belum lagi gebetan yang mendadak ngambek gara-gara komenannya di facebook enggak dibalas mungkin karena hp lowbet, mau cemana balasnya??  pakai telepati gitu ??  .

Ketika mati lampu,mereka sengaja update di media sosial seperti facebook atau twitter hanya untuk sekedar bertanya "Daerah mana yg gak mati lampu twitps" trus ketika pertanyaan itu dijawab oleh orang lain dia buru-buru mencari cafe yang lokasi gak terkena pemadaman bergilir.

Yang paling fenomenal lagi akun twitter @PLN_123 yg menjadi famous dikalangan pengguna twitter di medan.
Kekesalan pemadaman listrik ini pun sering dicurahkan ke akun pln tersebut,ribuan mention setiap hari dilayangkan ke akun twitter ini.


 dan ini lagi ...



Kalau pengen tau lebih banyak lagi yaudah search aja di twitter dengan kata "PLN_123 mati lampu dimedan" jangan shock yah kalau liat banyak hantu beringas ngomen di situ hehehe.
Belum lagi banyak postingan saran/kritik yg bisa kita liat di www.pln.co.id mengenai masalah pemadaman bergilir ini.


Hm....
Kalau masalah demo mendemo kayanya sudah sering dilakukan beberapa komunitas dan badan usaha swasta di medan.
Dari anak sekolah sampai mamak-mamak pun ikut demo.

Sampai menteri yg mengurusin urusan listrik pak Dahlan Iskan pun terjun langsung ke lokasi untuk meliat gimana sih masalah PLN di SUMUT ini.

Perombakkan susunan pengurus PLN pun terjadi,tapi tetap medan gelap gulita.
Alasan mereka sih "PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas) di Belawan yang sampai sekarang belum dilepas Kejaksaan (disita), ada juga di masalah PLTU Labuhan Angin," kata Direktur Konstruksi dan Energi Terbarukan PLN Nasri Sebayang, ditemui di Kantor PLN Pusat. Dan katanya penyebab krisis listrik di medan ini akibat pihak swasta atau kontraktor yang gagal menyelesaikan pembangunan pembangkit yang sudah direncanakan sejak 1998 dan 2005 (Waspada Online).
Oh jadi penyebab mati nya listrik di kota medan ini karena proyek pembangunan pembangkit listrik ini becus dikerjakan pihak swasta yah baru tau awak.

"Ada apa dengan listrik di kota ku ??"

Ini adalah pertanyaan yg masih belum jelas jawabannya.
Pemadaman bergilir disetiap daerah pun mau gak mau dilakukan oleh PLN untuk mengurangin deposit daya listrik di kota medan ini.
Semua warga medan pasti mengharapkan pemadaman listrik ini gak akan terjadi lagi di wilayah medan dan sekitarnya.

Medan terbebas dari namanya ke gelapan,banyak loh yg terjadi ketika kegelapan melanda kota medan ini.
Adalah yang rumahnya terbakar karena lilin, ada juga perampokkan dijalan raya karena lampu penerangan gak hidup.
Dan populasi di medan pun bisa bertambah karena kegelapan ini terjadi.
Karena banyak pasangan yg hamil diluar nikah karena main di gelap gelapan ,hahahhaa ini gak nyambung sama sekali.

Kalau sudah hujan apakah yg terjadi di kota kami ini ???
Sontak listrik padam , masih menjadi pertanyaan besar,kenapa listrik suka sekali dipadamkan ketika hujan datang, apakah listrik takut hujan ??? atau listrik gak suka mandi hujan ?? mari kita tanyakan ke mbah google.

Kita semua menginginkan kalau pemadaman listrik ini gak akan terjadi lagi di kota medan.
Kalau pun terpaksa dimatikan ya diusahakan donk jangan terlalu banyak sampai 3 kali, kasian para generasi muda yang pengen belajar atau ngerjain PR di malam hari.

Tapi alhamdulilah juga yah, pemadaman bergilir di medan ini sudah di kurangin ,yg dari 3 kali sehari menjadi 1 kali sehari itupun bukan tiap hari.
Mungkin kondisi ini kembali normal lagi setelah kepengurusan pln di medan di ganti.

Mungkin banyak gagasan yg bisa dilakukan agar pemadaman listrik di medan ini kembali normal:
1.Coba daerah-daerah yg sering memakai daya listrik yg terlalu besar di kuranganin atau tarif dasar listriknya dinaikkin harganya ,contohnya Mall-mall besar atau hotel-hotel yang ada di medan ini.
Mereka kan banyak duit itu,apa salahnya membayar lebih buat kelestarian listrik di Kota medan ini.
Biar rakyat kecil seperti kami gak terkena imbasnya.
2.Memasukan pengusaha asing khusus di bagian listrik ini.
Emang sih gak boleh dalam undang-undang ,tapi apa salahnya ya kan mereka memberi bantu untuk kita.Toh mereka pun cari makan di negara kita masa gak mau bantu.
Pihak swasta yg bekerja sama dengan PLN untuk pembangkit tenaga listrik ini haruslah jelas dari mana datangnya dan betul-betul membuat PLN di Indonesia ini maju bukan krisis seperti ini.
3.Pemeliharaan infrastruktur dan falisitas PLN ini harusnya dilakukan berkala 1 bulan sekali atau 6 bulan sekali yg penting dirawat lah.
Pacar aja dirawat loh biar enak liatnya dibedakin di lipstikin di salonin setiap hari biar asal jumpa gk ngebosanin,masa untuk urusan yg jadi urat nadi ini "Listrik" gak dirawat.
4.Jangan korupsi pak, kasian kami rakyat kecil ini :( cuma tukang becak nya kami pak :(
5.Kalaupun mesti pemadaman listrik,tolong sesuai jadwal jadi kita tau kapan ngidupin alat-alat elektronik semua yg berusakan semua ketikan pematian mendadak PLN ini.
6.Pencurian listrik sering terjadi,tolong di kondusifkan pak,sayang listrik kita dicuri-curi untuk kepentingan pribadi.
7.Kalau ada yg rumah atau perusahaan yg minta pemasangan listrik baru tolong dikasih sesuai daya aja jgn berlebihan.
8.Pekerjakan orang-orang yg betul tau tentang memelihara sumber listrik ini.
9.Pemanfaatan sumber daya alam yang mendukung dan mendatangkan sumber listrik ini.

Matahari (Panel surya) Sebagai sumber pengganti energi fosil untuk bahan bakar listrik :
Indonesia adalah negara tropis yg dilintasin oleh garis katulistiwa.
Mungkin pemanfaatan tenaga surya bisa dilakukan oleh Indonesia untuk mengganti sumber energi listrik yg biasanya didapatkan dari bahan-bahan fosil seperti batubara,bensin,solar atau minyak tanah.
Zaman semakin modren penggunaan listrik makin banyak dan sumber energi makin lama makin habis.

Matahari adalah sumber energi yang paling besar di tata surya ini ,tapi kenapa gak dimanfaatkan ???
Nah untuk itu solusi pemasangan panel tenaga surya ini saya rasa cocok untuk di pergunakan oleh PLN untuk kelestarian sumber daya listrik di Indonesia yg kebutuhannya lebih besar dari penduduknya.

Panel surya merupakan salah satu jenis alat yang dapat mengkorversikan sumber energy lain yaitu sinar matahari menjadi energy listrik yang disimpan pada aki.
Nah kemudian aki itu yang nantinya kita pakai sebagai pengganti sumber energi fosil tersebut.

Panel surya adalah alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya menjadi listrik. Mereka disebut surya atas Matahari atau "sol" karena Matahari merupakan sumber cahaya terkuat yang dapat dimanfaatkan. Panel surya sering kali disebut sel photovoltaic, photovoltaic dapat diartikan sebagai "cahaya-listrik". Sel surya atau sel PV bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energi Matahari dan menyebabkan arus mengalir antara dua lapisan bermuatan yang berlawanan (dikutip dari : wikipedia.com)
Di ITB ada kok mobil berbahan bakar sinar matahari, ya biarpun agak sedikit lambat jalannya tapi kan efektif juga sebagai pengganti bahan bakar .
Kenapa listrik kita gak memakai matahari sebagai sumber nya ?? 
Mungkin suatu gagasan tepat kepada pihak PLN untuk merealisasikannya ..
Panel surya menghasilkan listrik arus DC dan sedangkan listrik di rumah kita adalah tipe arus AC sehingga diperlukan alat yang dapat mengubah arus DC ke listrik AC yaitu inverter, sebab sedikit sekali alat-alat elektronik yang dapat dialiri arus listrik DC (contohnya lampu LED). Berikut contoh pemasangan panel surya
1.      Solar panel ->  solar controller ->  alat elektronik DC (tanpa inverter)
2.      Solar panel ->  solar controller ->  power inverter alat elektronik AC

Dalam penggunaan panel surya tentunya diperlukan perhitungan kebutuhan listrik yang ada di rumah kita masing-masing,contoh nih perhitungan sederhana kebutuhan listrik kosan saya :
Penerangan rumah: 
-10 lampu CFL @ 15 Watt x 4 jam sehari = 600 Watt hour. 
-Televisi 21": @ 100 Watt x 5 jam sehari = 500 Watt hour
-Kulkas 360 liter : @ 135 Watt x 24 jam x 1/3 (karena compressor kulkas tidak selalu hidup umumnya mereka bekerja lebih sering apabila kulkas lebih sering dibuka pintu) = 1080 Watt hour
-Komputer : @ 150 Watt x 6 jam = 900 Watt hour
-Perangkat lainnya = 400 Watt hour
 -Total kebutuhan daya =  3480 Watt hour

Jumlahpanel surya / solar cell yang dibutuhkan satu panel bisa kita hitung 100 Watt (perhitungan adalah 5 jam maksimun tenaga surya)

-Kebutuhan panel surya / solar cell : (3480 / 100 x 5)  = 7 panel surya / solar cell.  

Jumlah kebutuhan batere 12 Volt dengan masing-masing 100 Ah:
-Kebutuhan batere minimun (batere hanya digunakan 50% untuk pemenuhan kebutuhan listrik)
dengan demikian kebutuhan daya kita kalikan 2 x lipat : 3480 x 2 = 6960 Watt hour = 6960 / 12 Volt / 100 Amp = 6 batere 100 Ah.

Kebutuhan batere (dengan pertimbangan dapat melayani kebutuhan 3 hari tanpa sinar matahari) : 3480 x 3 x 2 = 20880 Watt hour = 20880 / 12 Volt / 100 Amp = 17 batere 100 Ah. 


(sumber: www.panelsurya.com)

Mari sama-sama menjaga kelestarian listrik untuk sekarang dan mendatang agar kelak anak cucu kita masih bisa menikmati yang namanya "Terang benderang" bukan "Gelap gulita" seperti sekarang ini.


Terima kasih www.blogdetik.com yg udah ngasih kesempatan saya mengikutin kompetisi #ideKUUntukPLN 


Salam hangat warga Medan untuk kelestarian PLN di Indonesia :D















1 comment: